Rabu, 05 Januari 2011

Tugas ke VI(Sistem Informasi Manajemen)

Kesimpulan yang saya dapatkan dari tugas Softskill dari 1 sampai 5 yaitu,
Dari tugas pertama yang saya upload tentang Implementasi Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif dalam Operasional Perusahaan pada Era Globalisasi dapat saya simpulkan bahwa dalam mengimplementasikan konsep e-business,terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif jauh lebih mudah di bandingkan dengan mempertahankannnya.Banyak sekali cara untuk mengimplementasikannya seperti Value chain & Strategic Information system,Re-engineering Bussiness proces dll.
Kemudian dari tugas yang ke dua,kesimpulan saya yaitu kita dapat mengetahui tentang Tujuan dan Proses Manajemen Infromasi itu apa saja.
Misalkan tujuan umumnya seperti menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan,sedangkan untuk proses Manajemen yaitu di bagi menjadi 3 aktivitas yaitu perencanaan,pengendalian dan pengambilan keputusan.
Sedangkan dari tugas ke-3 dari Sistem informasi Manajemen yang saya upload adalah Keamanan dan kontrol Sistem Informasi dan dapat saya simpulkan bahwa,dalam Sistem Informasi Manajemen sangat diperlukan pengendalian Sistem Informasi  sehingga informasi yang dapat dan diterima bisa di jaga dengan baik keamanannnya.
Untuk tugas ke-4 tentang evolusi dari CBIS yaitu kita dapat mengetahui pengembangan CBIS itu dari dulu hingaa sekarang ini dan fungsi dari CBIS itu sendiri yaitu merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat.
Serta Sistem Konseptual yang merupakan sistem terbuka,dapat mengendalikan operasinya sendiri namun ada juga yang tidak bisa.Pengendalian di capai dengan menggunakan lingkar umpan balik yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal umpan balik untuk mengevaluasi kinerja sistem dan menentukan tindakan perbaikan di butuhkan atau tidak.
Untuk kesimpulan dari tugas yang terkhir dari Sistem Inforamsi Manajemen yaitu tentang E-Commerce untuk perdagangan melalui jaringan elektronik dan mengetahui bagaimana keunggulan dengan melakukan penjualan melalui metode ini.
Kita juga dapa mengetahui hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antar perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan.
Serta manfaat dari IOS itu apa saja,yaitu
–        Perbandingan Efisiensi
–        Internal efisiensi
–        Inter organizational efisiensi
–        Kekuatan Tawar-Menawar

TUGAS V (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)

E-COMMERCE
A. Definisi E-Commerce.E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.
Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
3. Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
B.PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
e-commerce adalah online shopping belanja/membeli
barang melalui Web.Terus terang Web shopping / online shopping sebetulnya hanya
sebagian kecil sekali dari belantara e-commerce. Web shopping yang termasuk di
dalamnya transaksi online stok, men-download software langsung dari web sebetulnya
menghubungkan bisnis ke konsumen ini hanya  sekitar 20% dari  total e-commerce,
sedang sebagian besar sebetulnya lebih banyak berupa hubungan dagang bisnis ke bisnis
yang memudahkan proses pembelian antar  perusahaan-perusahaan. Banyak orang
berharap supaya dimungkinkan terjadinya transaksi mikro yang memungkinkan orang
membayar dalam bentuk recehan beberapa ribu / ratus rupiah  untuk mengakses content
atau game di Internet.
Transaksi yang sangat hot di e-commerce untuk barang-barang dagangan di
Internet maupun melalui media elektronik lainnya, menurut Simba Information
C.MANFAAT PERDANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Manfaatnya yaitu memudahkan bagi seorang atau perusahaan untuk membeli barang yang ingin di beli atau di jual melalui media elektronik seperti melalui penjualan online(Contoh di atas).
Sebagian besar dari perdangan ini dilakukan oleh para konsumen bisnis agar memudahkan proses pembelian antar perusahaan-perusahaan.
D.KENDALA PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Menurut beberapa artikel yang saya baca,saya dapat menyimpulkan salah satu kendala dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.Dalam pembelian misalakan,konsumen hanya melihat gambar,foto atau bukti sebagainya saja tanpa melihat keaslian bentuk dan isi dari barang tersebut.
Oleh karena itu mungkin banyak para konsumen yang kecewa karena pembelian melalui jaringan elektronik,dan itu menurut saya salah satu kendalanya.
E.JALAN MENUJU PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Untuk menuju perdagangan melalui jaringan elektronik menurut saya tidak semudah yang di bayangkan,perlu juga keahlian khusus seperti mengelola web dan sebagainya.Oleh karena itu tidak semua orang atau perusahaan memiliki tempat untuk perdagangan melalui jaringan internet.
F.STRATEGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
e-commerce mengatakan bahwa transaksi e-commerce jauh lebih aman daripada pembelian kartu kredit biasa. Setiap kali anda membayar menggunakan kartu kredit di toko, di
restaurant, di glodok, di mangga dua atau melalui telepon 800 setiap kali anda membuang
resi pembelian kartu kredit  anda sebetulnya telah membuka informasi kartu kredit
tersebut untuk dicuri. Sejak versi 2.0 dari  Netscape Navigator dan Microsoft Internet
Explorer, transaksi dapat di enkripsi menggunakan Secure Sockets Layer (SSL)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html, sebuah protokol yang akan
mengamankan saluran komunikasi ke server, memproteksi data pada saat dikirimkan
melalui Internet. SSL menggunakan public key encryption, salah satu metoda enkripsi
yang cukup kuat saat ini.  Untuk melihat apakah sebuah Web site di amankan
menggunakan SSL dapat dilihat pada awal URL digunakan https bukan http.
Pembuat browser dan perusahaan kartu kredit saat ini mempromosikan sebuah standar
tambahan bagi keamanan di namakan Secure Electronic Transaction (SET)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html. SET akan mengenkode
nomor kartu kredit yang ada di server vendor di Internet yang hanya dapat membaca
nomor kartu kredit tersebut hanya bank dan  perusahaan kartu kredit artinya pegawai
vendor / merchant tidak bisa membaca sama sekali sehingga kemungkinan terjadi
pencurian oleh vendor menjadi tidak mungkin.
Terus terangnya memang tidak ada sistem e-commerce yang bisa menggaransi
proteksi 100% kepada kartu kredit anda, tapi kemungkinan untuk di copet dompet anda di
toko online akan jauh lebih rendah dibandingkan di tempat biasa.
Saat ini banyak sekali produk-produk yang memungkinkan kita mensetup situs e-
commerce dan langsung berjualan dalam waktu beberapa hari / minggu, mulai dari yang
simple, murah hingga mahal dan kompleks.
1.SISTEM ANTAR ORGANISASI


A.MANFAAT IOS (INTRA ORGANIZATIONAL SYSTEM)
Sistem antar organisasai (IOS) adalah suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS :
Efisiensi komparatif : internal dan antar organisasi
Kekuatan tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dng pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
§         Keistimewaan produk yang unik
§         Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
§         Peningkatan biaya peralihan.
2.PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan. Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan.
Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses transaksi.
Tingkat penerapan EDI.
Tiga tingkat penggunaan EDI :
§         Pemakai tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
§         Pemakai tingkat dua : banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang.
§         Pemakai tingkat tiga : aplikasi komputer disesuaikan dengan standart EDI.Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokument kertas menjadi dokumen elektronik. Tingkat penggunaan ini digambarkan sebagai pendekatan pintu ke pintu, karena hanya mempengaruhi komunikasi data dan bukan aplikasi.
Manfaat EDI :
Ø      Mengurangi kesalahan
Ø      Mengurangi biaya
Ø      Meningkatkan efisiensi opersional
Ø      Meningkatkan kemampuan bersaing
Ø      Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
Ø      Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Teknologi perdagangan melalui Jaringan elektronik.Ada tiga pilihan utama, yaitu :
  1. Sambungan langsung
  2. Jaringan bernilai tambah (Value Added Network – VAN)
  3. Internet
A.HUBUNGAN EDI YANG UMUM
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dengan pemasoknya dan pelanggannya. Kaitan dengan pemasoknya dinamakan sisi pasokan (supplay side) dan kaitan dengan pelanggannya dinamakan sisi pelanggan (customer side).
B.STANDAR EDI
Format standar memungkinkan para mitra bisnis bertukar data tetapi memerlukan suatu proses translasi data sebelum mengirim dan setelah menerima. Translasi diperlukan karena aplikasi komputer para mitra bisnis umumnya tidak menangani data dalam format yang sama (standar). Sehingga diperlukan perangkat lunak pemetaan (mapping software).
Selain itu dijumpai pula transfer dana secara elektronik melalui jaringan komputer yan dinamakan dengan electronic funds transfer – EFT. Hal tersebut juga memiliki peranan penting dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.
C.TINGKAT PENERAPAN EDI
EDI bukanlah suatu strategi yang harus dilaksanakan sekaligus (mutlak) atau sama sekali tidak. Para mitra bisnis dapat menerapkannya dalam berbagai tingkatan. Tingkatan yang dimaksud yaitu :
  1. Pemakai tingkat satu; hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra bisnis yang terbatas.
  2. Pemakai tingkat dua; banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis.
  3. Pemakai tingkat tiga; banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis dan juga aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
D.MANFAAT EDI
Penerapan EDI dapat meberikan manfaat langsung yang berasal dari penggunaan teknologi dan manfaat tidak langsung, yakni :
  • Mengurangi kesalahan
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatakan efisiensi operasional
  • Meningkatkan kemampuan bersaing
  • Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan
E.TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
  1. Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
  2. Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
  3. Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.


 

SAD Indonesia Kirim Dua Tim ke Uruguay

JAKARTA - Sukses dengan tim pertama yang diberangkatkan sejak 2008 silam, SAD Indonesia kini mengirim dua tim ke Uruguay yang akan berangkat sekitar tanggal 20-23 Januari mendatang.

Tim SAD Indonesia yang musim lalu berlaga di kompetisi yunior Uruguay divisi Quinta menuai sukses. Finis di peringkat dua klasemen akhir, skuad besutan Cesar Payovich pun berhak promosi satu tingkat ke divisi Quarta.

Untuk itu, SAD Indonesia membutuhkan tim lain yang akan berlaga di Divisi Quinta, menggantikan tim sebelumnya.

"Kami melakukan road show ke 13 kota dan mendapatkan 84 pemain yang nantinya akan disaring menjadi 40 pemain (termasuk SAD lama)," demikian pernyataan Yeyen Tumena, manajer Badan Pembinaan Pemain Usia Muda di Jakarta, Rabu (5/1/2011).

"Nantinya akan ada dua tim, karena tim sebelumnya berhasil promosi ke divisi Quarta. Namun, soal keberangkatan belum bisa dipastikan, yang jelas sekitar tanggal 20-23 Januari, hal itu karena kami masih menunggu konfirmasi tiket," lanjutnya.

Hebatnya lagi, dalam 84 pemain yang diseleksi tersebut, ada sembilan diantaranya pemain jebolan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Piala Presiden tahun pembinaan 2010. Sejauh ini belum dipastikan siapa yang akan tercoret dari tim SAD sebelumnya dan siapa yang berhasil lolos seleksi untuk ikut kompetisi yunior di Uruguay.

"Kami masih menunggu hasil tes medis dan lainnya, tapi yang jelas tanggal 15-16 sudah siap semua. Ada dua pemain LPI Piala Presiden yang berpotensi ikut tim SAD Indonesia ke Uruguay," ujar Yeyen lagi.

Baru Samsir Alam dan Zainal Haque yang dipastikan keluar dari SAD Indonesia. Bukan lantaran keduanya bermain buruk, tapi justru karena dua pemain belia tersebut sudah dikontrak Penarol selama semusim. Samsir dan Zainal rencananya akan berangkat ke Uruguay pada Minggu (9/1/2011) dini hari WIB. (msy)
http://bola.okezone.com/read/2011/01/06/51/410908/sad-indonesia-kirim-dua-tim-ke-uruguay

PSSI Gantung Nasib Irfan Bachdim.

PSSI Gantung Nasib Irfan Bachdim.

Siapa yang tak kenal Irfan Bachdim?Salah satu Striker andalan Timnas yang mulai bersinar di Indonesia sejak Piala AFF silam.Namun nasib Irfan Bachdim akhir-akhir ini untuk membela Timnas Indonesia di gantung oleh PSSI,meskipun namanya tercantum dalam daftar seleksi Timnas Indonesia U-23 untuk Pra Olimpiade dan Sea Games 2011,nasib Irfan Bachdim belum jelas.
Menurut berita yang saya terima tak seharusnya sikap PSSI demikian,semestinya PSSI terus mendukung dan memberi kesempatan untuk para pemain sepak bola di Indonesia untuk bermain membela Timnas Indonesia jikalau pemain tersebut memiliki potensi yang bagus seperti Irfan Bachdim.



Menanggulangi akibat buruk dari mimpi

Solusi - Menanggulangi akibat buruk dari mimpi
Jika anda bermimpi sesuatu yang dapat berakibat buruk bagi anda dan keluarga (seperti mimpi gigi copot dll) anda di harapkan melakukan hal-hal sebagai berikut untuk menanggulanginya:
Ambillah sapu lidi (bisa juga tusuk gigi, bambu kecil dll). Lalu potong atau patahkan dengan tangan anda menjadi 7 (tujuh) batang, kecil-kecil, kira-kira 3 sentimeter. Sediakan selembar kertas atau tissue. Siapkan garam dapur, sedikit saja. Taruhlah potongan ke tujuh sapu lidi dan garam dapur tadi ke dalam tissue atau kertas. Lipat kertas tersebut dan kuburkan ke dalam tanah (pekarangan, halaman rumah anda). Kalimat yang anda harus ucapkan ketika akan mengubur/membenam kertas (yang berisi 7 potong sapu lidi dan garam) tersebut adalah kalimat yang meminta kepada Yang Maha Kuasa agar di jauhi dari akibat buruk mimpi anda.
Contoh kalimat:
Ya Tuhan. Jauhkanlah saya dan keluarga saya dari malapetaka. Tidak akan tumbuh/jadi, garam yang saya kubur ini. Seperti halnya mimpi saya yang dapat berakibat buruk bagi kami tidak akan menjadi kenyataan atau tidak akan terjadi. Amien." .

diambil dari : http://www.primbon.com/mimpi.htm